Kami “ Berubah” untuk Indonesia yang Lebih Baik

Bersyukur dan gembira, Perencanaan Strategis Yayasan Pulih untuk tahun 2012 – 2014 minggu lalu berlangsung dengan dinamis dan produktif. Salah satu hasil yang sangat penting adalah perubahan pada visi misi Yayasan Pulih yang akan berlaku mulai 2012 menjadi

Visi
Terwujudnya masyarakat sejahtera dan tangguh melalui penguatan psikososial yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan HAM

Misi
(1) Mengarusutamakan penguatan psikososial untuk rakyat dalam pelayanan publik
(2) menguatkan peran psikologi dalam proses hukum untuk mendukung tercapainya keadilan dalam penanganan kasus kekerasan
(3) Menguatkan kapasitas psikososial lembaga dan pekerja kemanusiaan
(4) Menjadikan Pulih lembaga acuan utama model penguatan psikososial bagi penanganan kekerasan pada kelompok rentan
(5) Menjadikan Pulih organisasi yang kompeten, terjangkau, terpercaya, mandiri dan terus berkembang

(visi dan misi Pulih sebelumnya masih bisa dilihat di www.pulih.or.id)
Kenapa kami “berubah”?

Sepanjang 8 tahun sejak berdirinya, Pulih berusaha untuk tetap memberikan kontribusi yang nyata pada anda, masyarakat Indonesia. Berbagai perubahan sosial dan bencana alam yang terjadi di Indonesia sedikit banyak ikut mempengaruhi perjalanan Pulih dan juga perkembangan Pulih untuk kerja-kerja pemulihan dan penguatan psikososial.

Namun berbagai tantangan, hambatan, peluang dan kesempatan menuntut Pulih untuk berbenah diri.

Begitu banyak ketidakpastian yang harus dihadapi Pulih ketika mencoba melihat ke masa depan... Isu keberlangsungan lembaga antara lain soal-soal sumberdaya manusia/SDM, sumberdaya keuangan, dinamika perubahan dan persoalan baik secara internal terlebih eksternal adalah hal-hal yang harus menjadi fokus perhatian.

Disisi lain, kami bersyukur, Pulih memiliki orang-orang yang peduli pada keberlangsungan kami. masukan-masukan dari anda: Kerabat Pulih, Mitra Kerja Pulih, Pemerintah, Penerima manfaat, orang-orang yang peduli pada kami serta masukan evaluasi kelembagaan dan diskusi-diskusi internal menambah keyakinan bahwa kami harus “Fokus dan berbenah diri”

Karena itu dengan melalui visi dan misi kami yang baru, serta penataan internal melalui perumusan tujuan strategis Pulih yang menyasar pada pembenahan-pembenahan internal, kami berdoa agar Pulih terus Hidup ditengah-tengah anda, dan bisa terus “Mewujudkan masyarakat sejahtera dan tangguh melalui penguatan psikososial yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan HAM”

Terimakasih kami ucapkan bagi semua pihak yang memberikan masukan baik secara langsung atau tidak langsung, kepada seluruh Dewan Pengurus Yayasan Pulih, seluruh staf Pulih kantor pusat Jakarta dan area Aceh, dan tidak lupa kepada fasiliator kami yang sangat fasilitatif dan kritis dalam membantu Yayasan Pulih memberikan kerangka baru pada kerja-kerja kami: Antonius Waspotrianto (mas Waspo).

Panjang umur Yayasan Pulih!