Workshop pelibatan Aparatur Desa,Tokoh Agama, Tokoh Adat dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Dokumentasi Yayasan Pulih Aceh
ACEH SELATAN |  Yayasan Pulih Aceh didukung oleh UN-Women mengadakan Workshop pelibatan aparatur Desa,tokoh Agama, tokoh Adat dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 18 hingga 19 Februari 2014 di Hotel Dian Rana Tapak Tuan Aceh Selatan. Workshop ini di ikuti oleh aparatur Desa dan perwakilan perempuan dari dua Desa Pilot Project program yaitu desa Gunung rotan kecamatan Labuhan Haji Timur dan Desa Jambu Kupok Kecamatan Kota Bahagia Aceh selatan. Workshop ini difasilitasi  Dian Mirana Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan (P2TP2A) Provinsi Aceh.

Fasilitator mengajak berdiskusi tentang kekersan berbasis Gender,mekanisme perlindungan Perempuan dan Anak, memetakan persoalan Perempuan dan Anak. Di hari kedua fasilitator memetakan potensi, sumberdaya, kebutuhan dan tantangan dalam membangun mekanisme komunitas aman . Dengan mengikuti kegiatan ini peserta mengenal apa itu kekerasan. bagaiman peran-peran tokoh masyarakat dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Masyarakat sangat antusias mengikuti proses diskusi. Diharapkan setelah mengikuti Workshop ini adanya sebuah acuan atau mekanisme yang dibangun di tingkat desa atau komunitas  dalam upaya penyelesaian dan penanganan perempuan dan anak korban kekerasan