KEPALA BKKP3A KABUPATEN ACEH SELATAN BUKA PELATIHAN MEDIASI DAN RESOLUSI KONFLIK BAGI WOMEN LEADER DAN TOKOH MASYARAKAT

Dokumentasi Yayasan Pulih Area Aceh
Aceh Selatan I Kepala Banda Kesejahteraan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKKP3A) Kabupaten Aceh Selatan Drs Husni Yacob membuka pelatihan mediasi dan Resoslusi Konflik yang diadakah oleh Yayasan Pulih berkerjasama dengan UN Women. Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh Women Leader dan Stakehoder terkait pada Senin-Rabu (12-14/5) di Auditorium Pusat Pelayanan terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Aceh (P2TP2A) Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam sambutannya, Drs Husni Yacob memberikan “Apresiasi yang sangat tinggi pada Yayasan PULIH Area Aceh yang telah memilih Kabupaten Aceh Selatan sebagai daerah Pilot Project pengembangan Desa/Komunitas Aman, yang semestinya program seperti ini menjadi program pokok yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah, yang mungkin dalam hal ini kami selaku leading sector bidang urusan perempuan dan Anak, serta menciptakan tatanan keluarga yang damai dan berkualitas. Dan Pelatihan ini tentunya sebuah upaya peningkatan kapasitas kita bersama, terutama tokoh perempuan dan para pemangku kepentingan terkait tentang konsep-konsep penyelesaian masalah secara damai dan bermartabat”, sebut Kepala BKKPPPA Kabupaten Aceh Selatan.

Sementara itu, Taufik Riswan selaku Koordinator Yayasan PULIH Area Aceh, dalam sambutnya mengatakan bahwa “kegiatan Pelatihan Mediasi dan Resolusi Konflik yang di selenggarakan hari ini, merupakan lanjutan dan Dukungan asistence yang di berikan oleh Yayasan Pulih kepada Kader Desa atau Women Leader, serta memperkuat system koordinasi dengan para stakeholder terkait dalam membangun konsep mekanisme komunitas aman di Desa Gunung Rotan, Kecamatan Labuhan Haji Timur.” Selanjutnya, Taufik juga mengatakan “Desa Gunung Rotan merupakan salah satu desa yang kita pilih, selain Desa Jambok Kupok Kecamatan Kuta Bahagia. Pada assesmen awal, ada 16 Desa di Kabupaten Aceh Selatan yang kita list bersama-sama Gerakan Perempuan Aceh. Dari 16 Desa yang masuk daftar tersebut, akhirnya dipilih 4 Desa Yakni adalah Desa Jambo Kupok Kecamatan Kuta Bahagia, Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan, Desa Gunung Roran Kecamatan Labahuan Haji, Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang. Dari 4 (empat) desa ini, ditetap dua desa sebagai Pilot Project yang Yaitu Desa Gunung Rotan dan desa Jambok Kupok. Dan asistensi yang kami berikan adalah selama satu Tahun terhintung sejak Oktober 203 – Oktober 2014.
                
Manager Program, Ikwanie yang juga selaku Wakil Koordinator Yayasan Pulih Area Aceh, melaporkan “Kegiatan Pelatihan mediasi dan resolusi Konflik diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari unsur Perwakilan Majelis Adat Aceh, Dinas Sosial, BKKPPPA, Camat Labuhan Haji, Polsek, Imum Mungkin Peulumat, Aparat Gampong serta Tokoh Perempuan (Women Leader) Desa Gunung Rotan, dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mediasi dan resolusi konflik dengan keterlibatan perempuan dalam proses pembangunan, perdamaian dan keamanan yang bekerlanjutan. (red tim rpd)