Di Aceh, 990 Kasus Kekerasan Pada Perempuan


BANDA ACEH_Berdasarkan catatan tahunan Gerakan Perempuan Aceh pada tahun 2011-2012 terdapat 990 kasus kekerasan terhadap perempuan di Aceh.

Tingginya angka kekerasan pada perempuan di Aceh, lembaga penegakan hak asasi perempuan meminta dan mendorong kepolisian memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Aceh.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Aceh Women’s for Peace Foundation (AWPF) Irma Sari kepada AJNN.Net, Senin 25 November. ” Iya, angka ini sangat tinggi dan kami sangat sedih dengan banyaknya kasus kekerasan yang dialami perempuan Aceh” ujarnya.

Dari 990 kasus tersebut jelasnya, di antaranya 397 orang perempuan dan anak mengalami kekerasan dalam rumah tangga, 294 orang perempuan di Aceh mengalami penelantaran dalam rumah tangga dan pada tahun yang sama ada 48 kekerasan seksual terjadi di masyarakat, pelakunya 82,5 % adalah orang-orang yang dikenal oleh korban yaitu teman, tetangga, rekan kerja, bahkan guru. Banyak kasus serupa yang belum terungkap dan tercatat.

Oleh sebab itu katanya lagi, sebagai lembaga yang peduli pada penegakan hak asasi perempuan pihaknya terus mendorong pemerintah untuk memastikan ketersediaan regulasi dan fasilitas layanan serta pendampingan anak dan perempuan korban kekerasan.

” dan kami juga mendorong kepolisian untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Aceh agar terbebas dari rasa takut dan hidup nyaman serta memastikan adanya proses hukum terhadap pelaku” ujarnya.


Sumber: