KAMPANYE 16 HARI ANTI KEKERASAN BERBASIS GENDER (25 NOVEMBER-10 DESEMBER 2011)


Yayasan PULIH:  KAMPANYE 16 HARI ANTI KEKERASAN BERBASIS GENDER
(25 NOVEMBER-10 DESEMBER 2011)


Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Berbasis Gender (16 Days of Activism Against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.
Setiap tahunnya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November yang merupakan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Dipilihnya rentang waktu tersebut adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.


Di tahun ini, tema utama dari kegiatan Yayasan PULIH adalah mengajak semua pihak untuk tidak hanya peduli, tapi juga melakukan aksi untuk pencegahan, penanganan, maupun rehabilitasi. Berdasarkan pengalaman melakukan pendampingan, kami sangat menyadari masih rendahnya kesadaran korban, keluarga korban, pendamping, maupun aparat penegak hukum, tentang pentingnya layanan psikologis terkait isu kekerasan. Untuk itu, pada 16 Hari Anti
Kekerasan tersebut, Yayasan PULIH menyediakan bermacam layanan publik, yang mencakup:
  1. Konseling gratis di kantor PULIH
  2. Penyuluhan gratis ke sekolah, kampus dan komunitas.

Siapapun bisa ikut serta dalam mendapatkan layanan kami. Bagi teman-teman yang memerlukan layanan, bisa menghubungi kami di nomor: 021 982 86 398.
Selain memberikan layanan masyarakat, PULIH juga mengadakan beberapa gerakan sebagai rangkaian kampanye, yakni:

  1. Publikasi media sosial melalui Gerakan PULIH-kan Perempuan Indonesia, di Twitter dan Facebookmu. Caranya adalah dengan memajang logo event yang ada di Twitter dan FB Pulih lalu menjadikannya sebagai profil pribadi hingga 11 Desember.
  2. Acara Penutupan, yakni Raising awareness dalam event PULIH-kan Perempuan Indonesia, pada hari Minggu, 11 Desember 2011 pagi pk. 8 – 11, yang akan diadakan secara paralel di Bundaran HI dan Monas.
Acara meliputi: gerak jalan di sekeliling arena, pembagian kotak P3K (pertolongan pertama dalam KTP: kekerasan terhadap perempuan), aksi teatrikal simbol pelepasan perempuan dari jerat kekerasan, dan sesi foto bersama artis pendukung kampanye.

Kami akan sangat berterimakasih bila rekan-rekan penggiat LSM dan masyarakat umum dapat ikut serta dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat atas isu Kekerasan Terhadap Perempuan. Kontribusi bisa dilakukan dengan ikut serta pada event puncak maupun gerakan media sosial, membantu menginformasikan layanan gratis yang diadakan oleh PULIH, hingga memberikan donasi. Bagi teman-teman yang hendak ikut berkontribusi, silakan menghubungi kami di nomor: 021 788 42 580. atau di aceh dengan No HP : +62 651 740 7951

Besar harapan kami, rekan-rekan mendukung kampanye ini dan meningkatkan pengetahuan publik atas isu kekerasan terhadap perempuan, dengan menyebarluaskan informasi ini dan mengajak sebanyak-banyaknya teman untuk ikut hadir dalam event penutupan PULIH-kan Perempuan Indonesia pada tanggal 11 Desember 2011 pagi.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.


Salam hangat,
Panitia Kampanye Yayasan PULIH
Tlp: 021-78842580, faks. 021-7823021, situs web: www.pulih.or.id
FB: Yayasan PULIH. Fanpage FB: Pulih. Twitter: @yayasanpulih


untuk Aceh 
Pusat Pemulihan Trauma dan Intervensi Psikososial
Jl. Tgk. Menara VIII Lr. CempakaNo. 31 Dusun. Melati
Gampong Garot. Kec. DarulImarah. Aceh Besar
Telp: +62651 740 7951


E-mail Puleh Aceh  : puleh.aceh@gmail.com 
Blog                         : http://pulehaceh.blogspot.com

Website                   : www.pulih.or.id