Selamat Datang Di Pusat Pemulihan Trauma dan Intervensi Psikososial (Pulih Aceh)

Trik Menghilangkan Kecemasan

Dipublish Oleh: Pulih Aceh

Serangan cemas (anxiety attack) adalah bentuk ekstrem dari rasa gelisah yang dihasilkan akibat dari ketakutan yang tidak terkendali. Walaupun sebagian besar orang mengalami kecemasan setiap hari, tapi bagi orang-orang tertentu kondisi ini tidak bisa dikontrol dengan baik.

Kecemasan yang menjadi sangat tidak terkendali bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Ketika kecemasan mulai menyerang biasanya diikuti dengan telapak tangan berkeringat, jantung berdebar lebih cepat dan kencang, merasa seperti ada kupu-kupu di perut serta tenggorokan yang terasa kering.

The American Academy of Family Physicians menyarankan beberapa tips yang dapat dilakukan agar kecemasan lebih dapat dikontrol seperti dilansir dari Epharmapedia, Jumat (29/7/2011) antara lain:

1. Buatlah rutinitas dengan menyisihkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk memikirkan mengenai diri sendiri.
Simpan dan tundalah memikirkan segala hal yang dikhawatirkan dan pikirkanlah pada waktu 30 menit yang telah disisihkan setiap harinya. Pikirkan mengenai segala hal yang dikhawatirkan, namun jangan lupa bersyukur atas apa yang telah diperoleh.

2. Melakukan relaksasi setiap hari

3. Tidur dan olahraga yang cukup

4. Tidak mengonsumsi obat-obat terlarang dan alkohol

5. Batasi konsumsi kafein

6. Berdamai dengan hal-hal yang menyebabkan kecemasan dimasa lalu.
Mulailah dengan memvisualisasikan bahwa Anda dapat berdamai dengan masalah dimasa lalu, hal ini dapat membuat Anda berdamai dengan masalah tersebut.

7. Berkonsultasi dengan dokter mengenai kecemasan yang Anda alami
Dokter dapat memberikan saran agar kecemasan yang Anda rasakan terkontrol dengan baik.

Mempunyai kebiasan hidup yang sehat membuat hidup lebih teratur, sehingga setidaknya dapat mengurangi hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Berdamailah dengan keadaan yang ada pada diri kita sehingga kita dapat menjalani hidup dengan lebih bersyukur, hal ini akan dapat mengurangi kecemasan yang kita rasakan.

Seseorang mungkin menyadari bahwa situasi tertentu bisa menyebabkan ia merasa sangat cemas, dan pemikiran inilah yang justru menyebabkan terjadinya serangan kecemasan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa perilaku yang memicu munculnya kecemasan.

Untuk itu jangan pernah berpikir tentang kecemasan atau ketakutan, tapi bayangkanlah sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan. Hilangkan segala pikiran negatif dan ketakutan yang dirasakan.

Sumber: http://www.detikhealth.com



0 komentar for "Trik Menghilangkan Kecemasan"

Leave Reply

Feed!

Berita

RSS Feed!
RSS Feed!
RSS Feed!
RSS Feed!
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!
Alamat :

Jl. Tgk. Menara VIII Lr. Cempaka No. 31 Dusun. Melati
Gampong Garot. Kec. Darul Imarah. Aceh Besar
Telp: +62 651 740 7951,
Handphone : +62812 6993 951
Email: pulih.aceh@pulih.or.id

Feed!

Semua Posting

Views

Sumbangan Anda





Fanpage Facebook

Translate

Copyright © 2009 - PULIH ACEH | Designed Xplory Design